Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji

Untuk Mengobati Penyakit Diare

Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Jambu – Jambu biji (Psidium guajava) diperkirakan berasal Meksiko, kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Selatan. Buah ini kemudian menyebar di dunia pada daerah tropika.

Di Indonesia jambu biji dikenal juga dengan nama jambu batu atau jambu klutuk (mungkin ada nama lain untuk beberapa daerah). Jenis jambu biji sangat bervariasi banyaknya, salah satu yang terkenal adalah jambu merah.

Buah Jambu yang digemari oleh masyarakat umumnya yang berdaging lunak dan tebal, rasanya manis, berbiji sedikit dan buahnya berukuran besar. Beberapa jenis jambu biji yang diunggulkan antara lain jambu Pasar Minggu, Jambu Bangkok, jambu Palembang, jambu sukun, jambu apel, jambu sari, jambu merah dan jambu merah getas.

Jenis-Jenis Buah Jambu Biji

1. Buah Jambu Biji Piit (Pipit)

Bentuknya bulat kecil-kecil, kulitnya tipis, buah matang berwarna kuning, daging buahnya putih rasanya manis dan harum baunya.

2. Buah Jambu Biji Manis

Bentuk buah bulat meruncing ke pangkalnya, kulit buahnya tipis dan jika matang berwarna kuning muda. Dagingnya putih, bijinya banyak. Rasanya manis dan harum baunya.

3. Buah Jambu Biji Gembos Atau Buah Jambu Biji Susu

Bentuk buahnya bulat agak lonjong dengan meruncing kepangkalnya. Kulitnya tebal dan jika buah matang berwarna agak kuning, daging buahnya putih, bijinya tidak banyak, rasa kurang manis dan harum baunya.

4. Buah Jambu Biji Delima

Bentuk buah bulat dan bermoncong dipangkalnya, kulitnya agak tebal, dagingnya warna merah, banyak bijinya, rasanya manis.

5. Buah Jambu Biji Sukun

Bentuknya bulat besar, kulit tebal, buah matang warna kuning, hampir tidak berbiji, rasanya hambar, harum baunya.

6. Buah Jambu Biji Perawas

Bentuk bulat lonjong lebih besar dari jenis no. 1 s/d 4, kulit tebal, buah matang berwarna kuning, dagingnya merah, bijinya tidak banyak, rasanya agak asam, baunya harum seperti buah jambu biasanya.

Kandungan Buah Jambu Biji

Buah Jambu biji mengandung vitamin C yang paling tinggi dan cukup mengandung vitamin A. Dibanding buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan, kandungan vitamin C jambu biji 2 kali lipat. Vitamin C ini sangat baik sebagai zat antioksidan. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal.

Tabel Kandungan Gizi Jambu Biji Dalam 100 Gram

Kandungan Jumlah Kandungan Jumlah
Energi

Vitamin A

Protein

Vitamin B1

Lemak

Vitamin B2

Karbohidrat

49,00 ka

25 SI

0,90 gr

0,05 mg

0,30 gr

0,04 mg

12,20 gr

Vitamin C

Kalsium

Niacin

Fosfor

Serat

Besi

Air

87,00 mg

14,00 mg

1,10 mg

28,00 mg

5,60 gr

1,10 mg

86 gram

Khasiat dan Manfaat Buah Jambu Biji

Mengkonsumsi buah jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung. Buah jambu biji sangat kaya akan serat (9 gram/cangkir) yang bekerja untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian yang dilakukan Singh Medical Hospital and Research center Morrabad, India, menunjukkan buah jambu biji juga dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi esensial.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat buah jambu biji untuk kesehatan, antara lain :

  • Daging buahnya terutama jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah sangat baik untuk pemulihan penderita demam berdarah yaitu untuk menaikkan trombosit dan kekebalan dalam tubuh penderita.  Biasanya disajikan dalam bentuk jus.
  • Daun jambu biji ini sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit diare/mencret.  Caranya adalah :  daun jambu biji dicuci bersih, kemudian direbus dengan sedikit air lalu diminum.  Biasanya tidak hanya sekali minum agar cepat berhenti.

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat non gizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan. Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

Info Obat Herbal Kulit Manggis Luar Biasa :

XAMthone Plus

Incoming search terms:

  • jus jambu untuk tipes
  • jus jambu merah untuk tipes
  • jambu biji perawas
  • apakah jambu bagus untuk sakit tipes
  • jus untuk penderita tifus
  • kandungan jambu bangkok
  • kandungan serat jambu biji
  • kegunaan jus jambu bagi pnderita tipus
  • kegunaan jus jambu untuk penderita tipes
  • kegunaan jus jambu untuk sakit tipes